Rabu, 14 Desember 2011

Meningkatkan kemampuan Visibilitas Online

Tingkat visibilitas berarti tingkat popularitas situs web anda di mata pengunjung.
Maksudnya, dengan kemampuan visibilitas yang tinggi situs web anda akan terus hidup.
Kapanpun anda rehat dari urusan bisnis dan ingin kembali lagi aktif menjalankan bisnis,
situs web anda masih tetap menjadi primadona. Situs web anda tidak akan dilupakan
begitu saja oleh para pengunjung ataupun relasi online anda. Meski anda sudah lama
tidak menelorkan produk-produk baru dan tidak memunculkan ide-ide segar. Lalu apa
rahasianya? Promosi offline yang agresif! Atau, cara lainnya adalah dengan mengirimkan
email non-stop. Dan, lakukan posting pesan secara konstan pada kelompok tertentu.
Selanjutnya, anda bisa memperbanyak links pada situs web yang menarik perhatian
prospek anda.

Dan, yang terpenting adalah search engine tetap memajang situs web anda pada halaman
pertama. Agar situs web anda selalu dilihat oleh semua pengunjung dan juga relasi anda.
Mengemas ulang konten dan menyajikannya seperti baru juga sangat penting untuk
menyegarkan ingatan prospek anda.
Berpromosi atau memasang iklan memang jauh lebih efektif jika dilakukan di dunia nyata.
Bukan dunia maya. Karena yang akan melihat iklan anda jauh lebih besar, bukan hanya
mereka yang sedang mengakses internet, tapi juga mereka yang bahkan tidak hobi
menggunakan internet. Apalagi jika anda beriklan di koran. Prospek anda pasti mengira
usaha anda konsisten dan stabil. Lebih bagus lagi jika anda kerap mengemas ulang
tampilan dan gaya anda. Orang-orang tidak akan mengira anda pernah berlibur dan
menjauh dari aktivitas bisnis anda. Bahkan, akan semakin banyak target pasar baru yang
akan tertarik dengan situs web anda.
Selain cara di atas, anda bisa melakukan cara lain. Seperti menjadi host konferensi,
menerbitkan tips atau online newsletter, dan menulis publikasi offline yang dibaca
onliners.
Dan tidak cuma itu saja. Anda masih punya cara lain untuk menjaga ingatan pengunjung
tentang keberadaan bisnis anda. Asalkan, anda betul-betul mewujudkan apa yang
diinginkan pengunjung atas sebuah situs web dan produk internet. Contohnya,
keamanan, kenyamanan, kecepatan, layanan memuaskan, informasi akurat, dan
perhatian istimewa pada setiap pengunjung. Tawarkan pada mereka apa yang mereka
cari.
Daftarkan situs web anda di semua direktori yang mungkin dikunjungi oleh calon
pengunjung anda. Pikirkan semua direktori internasional tetapi jangan abaikan direktori
local dan regional. Buatlah links sebanyak mungkin di halaman direktori. Tapi, sampai
sejauh ini anda tidak boleh lupa, pengunjung akan terus mengingat situs web anda jika
konten yang anda tawarkan benar-benar berharga di mata mereka.
Sekarang kita bicarakan promosi secara online. Tidak seperti promosi offline, promosi
online berada di control anda sepenuhnya.
Contohnya, anda mengakses situs-situs promosi, situs layanai Pay Per Click seperti Google
Adwords. Anda juga bisa mengecek di Google untuk menemukan adanya servis-servis
online, gratis atau berbayar untuk mempromosikan situs web anda. Jadi anda tidak perlu
bantuan orang lain untuk berpromosi.
Tetapi, apapun cara yang anda tempuh anda harus berhasil membuat situs web anda
terkenal. Entah cara online ataupun offline anda harus bisa mengenalkan situs web anda
pada dunia. Tidak peduli apakah orang yang membaca iklan anda bisa mengunakan
internet atau tidak, mempunyai akses internet atau tidak, punya komputer sendiri atau
Kumpulaninforemaja.blogspot.com
Page 2
tidak. Anda cuma perlu menyiapkan senjata dasar, yaitu sebuah press kit, latar belakang
perusahaan, press release, gagasan cerita, artikel atau kolom tentang perusahaan anda
dan press demonstration.
Press kit biasanya meliputi latar belakang, press release, foto eksklusif produk anda,
gagasan cerita, artikel tentang bisnis anda, daftar referensi pelanggan dan hal lain yang
dianggap baru oleh mass media. Anda harus punya pandangan bahwa orang-orang di luar
sana lebih memerlukan anda dari pada anda memerlukan mereka. Asal, anda
memberikan berita yang menarik bagi pembaca.
Berita seperti apa yang menarik? Tentu produk baru dengan harga rendah, informasi dan
tips-tips khusus menanggulangi masalah tertentu, dan kenyamanan serta keamanan
transaksi. Dan yang lebih menarik lagi jika anda mempunyai produk dan jasa yang unik,
berbeda, dan pertama yang pernah ada di komunitas anda.
Selanjutnya, mulailah merencanakan master plan untuk promosi. Jauh sebelum anda
launching situs web, sebaiknya fokus pada pesan kunci yang harus diketahui pengunjung
tentang situs web dan produk anda. Semakin berharga produk yang anda punya, semakin
banyak sorotan yang akan anda dapatkan. Dengan publikasi macam ini anda akan
mendapatkan ketenaran melebihi yang dapat dilakukan iklan.
Saya ingin mengingatkan anda lagi bahwa apa yang anda tawarkan pada pengunjung
haruslah sesuatu hal yang sedang dibutuhkan oleh mereka. Ya, berikan yang pengunjung
inginkan. Nah, sekarang beri tanda centang untuk hal-hal yang bisa anda tawarkan pada
pengunjung anda. Jika semua ini ada dalam daftar prioritas anda maka situs web anda
akan semakin dicari pengunjung.
----- keamanan
----- kenyamanan
----- kecepatan
----- pelayanan
----- informasi
----- perhatian istimewa
----- produk yang bernilai
Setelah itu...
1. Buatlah daftar tiga item yang bisa menjadi berita heboh untuk memunculkan
kepopuleran bagi situs anda.
2. Buatlah press kit untuk perusahaan anda, dan gunakan item yang ada dalam
daftar tadi.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3