Senin, 06 Februari 2012

News: Google Pagerank Update - Februari 2012

pagerank update
Update Pagerank Google Februari 2012 - budihaeruman.blogspot.com. Pada hari ini, 6 Februari 2012, update pagerank resmi dikonfirmasi dari beberapa belahan dunia. Awalnya, Sekitar pukul 22.00-23.00 malam ini saya sedang asyik mengisi artikel-artikel untuk blog baru "My Blogger Zone", versi bahasa inggris dari buka rahasia blogspot. Karena agak suntuk, saya iseng-iseng melakukan cek beberapa blog serta web yang saya handle. Tanpa diduga, ternyata ada perubahan pagerank Google pada blog & web tersebut. Saya kemudian melakukan surfing ke beberapa forum untuk mengetahui kebenaran Google Pagerank Update February ini. Setelah mengubek-ubek beberapa forum lokal dan manca, ternyata memang benar, Update Pagerank Google baru saja dilakukan dan bersifat mayor. Artinya, update pagerank dilakukan secara menyeluruh pada semua halaman web di segala penjuru dunia. Prediksi update pagerank agak sedikit meleset dimana diperkirakan akan jatuh antara 29 Jan - 3 Februari 2012.

budihaeruman.blogspot.com ketiban satu rank saja, naik dari pagerank 2 ke 3. Yah lumayan lah :). Beberapa halaman lain belum semuanya dicek karena baru sempat mengecek link-link yang terpasang di halaman homepage saja, rata-rata mendapat rank 3, 2 dan 1. Yang cukup mengejutkan adalah blog yg baru saya persiapkan sebagai versi bahasa inggrisnya (dan belum dilaunching), My Blogger Zone, baru 1 minggu lebih link saya pasang di blog ini, namun mendapat pagerank 1. Cukup dengan SATU backlink saja. Ini membuktikan bahwa SEO blog maupun SEO pada umumnya tidak terletak pada jumlah (banyaknya) backlink, melainkan kualitas link yg setidaknya mengacu pada: kualitas/rank halaman pemberi backlink,   kesesuaian niche atau tema yang menjadi topik utama blog/web (yg biasanya di awali dari kekuatan anchor text), dan letak/posisi link. Selain itu, SEO bukanlah tentang bagaimana membombardir link secara brutal tanpa strategi serta cara-cara yg elegan.

So, apa artinya Google Pagerank? Untuk ke depan, Insya Allah akan saya bahas mengenai Google Pagerank serta apa sebenarnya itu. Secara mendasar, pagerank bukanlah hal yang maha penting dan segalanya. Seperti yang pernah saya bahas di artikel-artikel sebelumnya, pagerank google yg tertera di pagerank toolbar seringkali diasosiasikan dengan nilai sesungguhnya suatu web di hasil search engine. Padahal sama sekali tidak, karena tidak mencerminkan hasil sesungguhnya ranking suatu blog/web di hasil pencarian. Pagerank Toolbar hanyalah sedikit cara dari Google untuk memberikan penghargaan pada suatu halaman web. Selebihnya, tidak ada. Adapun pagerank sesungguhnya tidak pernah diperlihatkan dan selalu berubah setiap hari. Itulah mengapa suatu halaman web dapat bertahan namun ada pula yg turun drastis rankingnya pada hari berikutnya. Pagerank sesungguhnyalah yang seharusnya kita waspadai dan beri perhatian lebih.

So, bagaimana dengan blog/web sobat? Apakah sudah dicek update pagerank Google-nya?
Jika belum silahkan dicek saja dengan Google Pagerank Checker.

Have a nice Blogging dan terus berkarya!

Regards,

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3