Sabtu, 24 November 2012

Memperbaiki Berbagai Problem Pada Widget "LinkWithin Related Posts"


Saya dulu pernah membahas mengenai cara memasang Widget/gadget LinkWithin Related Posts, salah satu asesoris blog yang cukup menjadi favorit karena kemudahan pemasangan dan akurasi relevansinya. Meskipun ada banyak widget sejenis, baik yang dibuat secara manual ataupun sudah dalam paket siap pakai, namun LinkWithin jauh lebih unggul, baik dalam relevansi, dalam hal kecepatan loading (penggunaan LazyLoad script), dan support. Saya dulu juga pernah memberikan beberapa tips untuk menampilkan LinkWithin hanya dalam halaman posting, menampilkan pada urutan/posisi tertentu, dll. Nah, dalam artikel ini, saya akan menyampaikan penggunaan fitur support pada website LinkWithin yang sangat bermanfaat sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan yang muncul pada penggunaan widget related posts ini.

Sangatlah mungkin ada beberapa masalah yang muncul pada penggunaan LinkWithin Mulai dari widget related post tidak muncul, menampilkan posting yang sudah dihapus, hingga kesalahan dalam menampilkan gambar posting yang sudah diubah. Masalah-masalah ringan hingga terberat butuh pemecahan agar LinkWithin dapat berfungsi optimal sehingga upaya meningkatkan pageview dan mengurangi bounce rate benar-benar terasa. Problem ini tidak hanya terjadi pada Blogger, namun juga terjadi pada platform-platform lainnya, misalnya WordPress, sebab beberapa permasalahan general terjadi karena kasus caching, crawling, dan fetching, bukan dari blog secara langsung.

Nah, karena LinkWithin menggunakan script external, konten widget disimpan pada server luar, serta ditampilkan melalui sistem caching, maka upaya perbaikan tidak bisa dilakukan langsung oleh sobat. Semua problem yang berkaitan dengan penampilan widget ini harus dilakukan oleh pihak LinkWithin. Untungnya, support untuk permasalahan/trouble penggunaan LinkWithin disediakan secara penuh oleh pihak LinkWithin. Jadi apa yang harus dilakukan apabila sobat menemui permasalahan dengan widget LinkWithin?

1. Masuk ke halaman LinkWithin support.
2. Isikan alamat email (ingat, email yang sama seperti dulu ketika mendaftarkan blog), url blog, dan klik "Continue".
masalah pada LinkWithin related post

3. Sobat akan dibawa ke halaman berisi form list permasalahan. Pilih jenis problem yang paling sesuai.
LinkWithin widget fix
Berikut adalah jenis-jenis problem sesuai urutan di atas:
  • Widget sama sekali tidak tampil di dalam blog.
  • Widget muncul, tapi tidak menampilkan daftar posting yang direkomendasikan.
  • Widget menampilkan posting yang sudah dihapus.
  • Widget menampilkan lebih dari satu posting yang sama.
  • Pergantian domain blog dilakukan, namun widget masih menautkan link posting pada domain lama.
  • Judul pada posting yang ditampilkan salah/tidak benar.
  • Widget selalu menampilkan link saja, meskipun pada sebagian besar posting memiliki gambar.
  • Widget masih menampilkan gambar lama, meskipun gambar posting telah diganti/diupdate.
  • Lainnya. Pilih opsi ini jika pada list di atas tidak ditemukan problem yang terjadi pada widget LinkWithin sobat. Kemudian tuliskan secara specific permasalahan yang terjadi (in English, of course. Jika sobat memiliki kesulitan untuk menuliskan permasalahan tersebut dalam bahasa Inggris, Insya Allah saya siap bantu).
4. Setelah itu klik "Continue".

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis permasalahan tertentu akan diperbaiki secara otomatis. Namun untuk melihat hasilnya, dibutuhkan waktu hingga paling lama 24 jam sesuai urutan query dan update. Beberapa jenis permasalahan lain akan diperbaiki secara manual oleh tim LinkWithin. Apabila penyelesaian masalah perlu keterlibatan sobat, maka akan ada informasi dan petunjuk yang dikirimkan.

Well, that's it. Semoga ini dapat memberikan solusi bagi sobat yang mengalami problem dengan Widget LinkWithin yang dipasang di blog. Next time, saya akan berbagi hack kostumisasi widget LinkWithin agar sesuai dengan tampilan blog atau keinginan. See you, then.

© 2012 budihaeruman.blogspot.com. All rights reserved.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3