Selasa, 03 Juli 2012

Nikmati Fitur Baru Blogger Custom Permalink (URL Editor)


Setelah ditunggu-tunggu, fitur custom permalink Blogger akhirnya datang juga, meskipun masih berupa draft. Dengan kehadiran custom permalink ini, kita dapat dengan mudah melakukan kostumisasi terhadap permalink sebelum menerbitkan (publish) posting.

Sebelum kehadiran fitur edit permalink blogger ini, saya mesti mengakali kata-kata di dalam judul posting agar kata-kata di dalam permalink tidak terputus dan tidak kehilangan makna. Saya harus menuliskan kata-kata penting terlebih dahulu, untuk pengunjung maupun untuk mengoptimalkan keyword dalam permalink. Caranya adalah menuliskan dulu kata-kata penting dalam kotak judul, publish, kemudian edit judul lagi. Tentu ini tidak efisien dan kurang memuaskan.

Nah, sekarang fitur custom permalink sudah hadir di Blogger. Kita tidak perlu lagi bolak balik mengedit judul posting. Yang dibutuhkan cuma menuliskan nama permalink melalui fitur "Permalink" di post editor Blogger. Usaha mengoptimalkan keyword untuk SEO di dalam url permalink bisa lebih maksimal. Meningkatkan SEO blog pun jadi lebih mudah.

Langkah-langkah menggunakan fitur Custom Permalink Blogger

1. Karena masih berupa draft, akses dashboard melalui draft.blogger.com. Update: Now, you can access it directly via Blogger Dashboard. Blogger Draft sudah pensiun dan sekarang semua fitur ujicoba maupun resmi langsung dapat di akses melalui Dashboard.
2. Buka post editor (new post, posting baru), seperti ketika hendak menuliskan posting baru.
3. Perhatikan pada "post settings" di sidebar kanan, ada beberapa fitur untuk melakukan kostumisasi posting, lihat "Permalink", klik.
permalink-editor-blogger
4. Akan ada dua opsi, "automatic URL", dan "custom URL". Yang pertama adalah default, url menyesuaikan judul. Kemungkinan terpotong sangat Besar. Untuk melakukan kostumisasi permaling, pilih opsi kedua.
tulis permalink
5. Setelah memilih opsi "custom URL", ketikkan nama permalink posting sesuai keinginan. Ada satu hal penting yang perlu diperhatikan: Jangan ada spasi. Beri hypen/strip (-) diantara setiap kata, sesuai jenis permalink Blogger.
contoh: budihaeruman-blogspot-custom-permalink
6. Klik Done. Anda dapat melanjutkan membuat posting atau langsung "publish".

Review dan Catatan Fitur Blogger Custom Permalink

Seperti yang telah disampaikan di atas, karena masih berupa draft, maka fitur ini belum sepenuhnya, atau 100% bebas dari masalah. Bahkan belum tentu fitur ini selanjutnya dirilis secara resmi. Update: Sekarang sudah resmi. Ada beberapa hal yang saya lihat dari fitur ini, baik kelebihan maupun kekurangannya:
1. Jumlah karakter dalam permalink, setelah saya cek, bisa mencapai sekitar 45-80an karakter (mungkin lebih dikit), disesuaikan dengan panjang karakter url secara keseluruhan. Artinya, batasan jumlah karakternya tergantung panjang nama blog. Semakin panjang nama blog, semakin sedikit jumlah karakter yang bisa dibuat dalam custom permalink.
2. Ada satu kelemahan yang cukup signifikan sehingga menurut saya tidak ada perubahan besar dengan adanya fitur ini. Custom permalink hanya dapat dibuat sebelum sebuah posting diterbitkan. Artinya, setelah sebuah posting diterbitkan maka permalink tidak dapat diedit lagi. Tidak seperti WordPress dimana penggunanya dapat mengedit permalink pada jenis posting apapun (draft maupun published posts). Anda harus menghapus posting lama, jika ingin membuat versi url baru.
3. Custom permalink ini hanya berlaku pada nama file. Jika kemarin ada yang menanyakan tentang mengubah struktur permalink, maka fitur itu tidak (atau setidaknya belum) ada. Maksudnya adalah, penanya ingin membuat url permalink clean, tanpa embel-embel folder sesuai bulan tahun (Contoh: 2012/07). Fitur ini disebut url rewrite, dan keduanya adalah fitur yang jauh berbeda. Fitur ini melibatkan htaccess, dan Blogger tidak mengizinkan/menyediakan akses ke sana (cPanel). Blogger juga tidak mengizinkan penggunaan plugin/addon.

Yup, itu dia. Meskipun ada banyak kekurangan, saya rasa fitur ini cukup banyak membantu dalam upaya penyusunan keyword di permalink tanpa harus edit judul posting. Hope this post useful, have a nice blogging, then. :)

© budihaeruman.blogspot.com. All rights reserved.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3