Minggu, 30 September 2012

TIPS MEMULAI BISNIS ONLINESHOP (TOKO ONLINE)

Sekarang ini Online Shop atau Bahasa Indonesianya Toko Online muncul bagai Jamur Tumbuh di Musim Hujan. Selain simple (meski saya pribadi belum mampu membuatnya) juga tidak butuh modal besar selain biaya koneksi internet dan pulsa untuk telepon atau sms. 
Berikut adalah beberapa tips berjualan onslineshop yang dapat dirangkum sebagai berikut : 
  1. Tentukan jenis barang atau produk jualan. Sebisa mungkin produk yang ingin dijual adalah jenis produk yang dikuasai. Hal ini untuk mencegah kita kebingungan kalo ada calon customer yang bertanya tentang produk tersebut. Ingat, kebingungan kita dalam menjawab pertanyaan bisa jadi membuat calon customer ini jadi ragu dan pada akhirnya kabur karena menganggap kita tidak bisa dipercaya. 
  2. Jangan hanya sekedar mengikuti trend produk jualan onlineshop lagi in. Kenapa? Karena nantinya kita bakal banyak saingan. Akan lebih baik kita tidak terlalu mengikuti trend dan memilih sesuai yang kita mau dan kuasai produknya. 
  3. Bersiap2lah untuk terganggu jam tidur dan waktu libur. Trik untuk mengatasi customer agar mengangu jadwal tidur dan libur kita adalah selalu cantumkan jam kerja atau jam order . 
  4. Bersikaplah ramah dan tanggapi calon customer dengan baik walaupun mereka hanya sekedar tanya2. Jangan pernah jutekin calon customer walaupun dia hanya sekedar nanya2 ke kita. Bisa jadi dia sedang membandingkan kita dengan onlineshop yang lain dari berbagai aspek. Kalo dari awal udah kita jutekin, gimana dia mau jadi customer kita. 
  5. Jangan ambil untung terlalu banyak dari produk jualan. Siapa yang tidak mau dapet untung banyak dalam berbisnis? Tapi coba dipikir2 lagi, lebih kita mengambil untung sedikit atau standar2 aja tapi kita bisa punya banyak customer dan bahkan bisa punya customer tetap daripada kita ngambil untung selangit tapi customer hanya datang sekali ke kita karena harga yang dianggap terlalu mahal. 
  6. Jaga kepercayaan customer. Ini yang paling penting karena modal utama dalam berbisnis onlineshop adalah bukan duit tetapi kepercayaan dari customer. Kalo kita udah dipercaya oleh customer dari segi kualitas produk dan harga dan pelayanan, customer kita tidak akan berpaling walaupun ada onlineshop lain yang datang dan menawarkan lebih dari yang kita berikan. 
  7. Selalu kasih tau maksimal waktu pengiriman dari jasa kurir yang kita gunakan. Jangan pernah menjanjikan ke customer kalau barang akan datang pada hari A karena ini akan mengurangi kepercayaan dari customer kalau misalnya barang sampai ke customer lewat dari hari yang dijanjikan. Kasih nomor resi dari barang yang sudah dikirim ke customer agar customer yakin kalau barangnya sudah dikirim. 

Sumber ide dan artikel  Kaskus.co.id 

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3