Selasa, 02 Oktober 2012

TIPS BAGAIMANA BELANJA ONLINE YANG AMAN

Berbelanja secara online baik via situs toko online baik dalam negeri maupun luar negeri ataupun berupa forum seperti Kaskus dengan FJBnya kini menjadi trend yang berkembang di Indonesia. Kita tidak lagi disibukkan dengan mendatangi toko atau penjual secara langsung. Cukup dari dalam rumah kita bahkan dalam kamar kita dapat memilih dan memilah produk atau barang yang kita inginkan dan membelinya tanpa harus kemana-mana. 
Perkembangan Belanja online juga sangat dimanjakan oleh tersedianya beragam alat pembayaran online baik yang disediakan oleh bank seperti internet banking atau jasa pembayaran lain seperi Paypal, Libety Reserve dan beragam alat pembayaran lain yang kita kenal. 
Meskipun secara umum belanja online aman, namun ita juga perlu waspada mengingat makin hari makin banyak penipu yang berkeliaran di internet yang terutama menyasar pengguna internet pemula. Sering terjadi kasus penipuan yang terjadi pada transaksi jual beli online, diantaranya barang yang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran dan sering terjadi pula adanya perbedaan antara produk yang dikirim dengan yang ditampilkan penjual di web atau blognya. 
Sebagai Pembeli kita perlu mengetahui beberapa tips aman belanja online agar terhidar dari para penjual yang ingin ingin mencari keuntungan. Berikut ini Tips Belanja Online yang aman : 
  1. Reputasi Penjual. Cari tahu reputasi tentang penjual atau toko online dengan browsing informasi atau forum tentang penjual atau toko online tersebut. Kalau Anda membeli di forum seperti kaskus, anda dapat dengan mudah mengecek reputasi penjual yang bersangkutan. 
  2. Toko Online Jujur. Pilih toko online yang memberikan informasi yang lengkap dan jujur mengenai toko online tersebut seperti alamat, nomor telpon yang valid (bisa ditest hubungi agar menyakinkan sebelum Anda memutuskan membeli). 
  3. Fasilitas Online. Pilih Toko Online yang memberikan fasilitas service seperti Live chat, call centre, agar dapat membantu anda apabila terjadi kesulitan. 
  4. Jangan Terkecoh Harga. Jangan pernah mudah tertarik karena harga yang ditawarkan sangat murah, untuk menghindari penipuan dalam hal kualitas produk. 
  5. Pastikan Nomor Rekening tujuan sebelum melakukan pembayaran. Cek terlebih dahulu rek tujuan pembayaran anda, pastikan atas nama penjual atau toko online tersebut. 
  6. Simpan Bukti. Yang terakhir untuk berjaga-jaga, selalu simpan bukti pembayaran yang telah anda lakukan untuk membeli produk tersebut. Kalau melakukan pembayaran via ATM, ada baiknya bukti transfer difotocopi atau discan untuk menghindari atau bahan complain di kemudian hari.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3