Sabtu, 09 Juli 2011

Google Akan Ganti Nama Blogger dan Picasa

Kabar tentang penggantian (rebranding) nama Blogger dan Picasa semakin meluas dan memaksa saya untuk menuliskan artikel ini dan sedikit memberikan reaksi. Dikabarkan bahwa Google akan segera mengganti nama Blogger menjadi Google Blogs dan Picasa menjadi Google Photos. Kedua brand ini merupakan produk unggulan Google dan memiliki jumlah user yang sangat banyak. Seperti yang dikabarkan Masahable, penggantian brand/nama produk Blogger dan Picasa ini akan dilakukan dalam satu atau setengah bulan lagi. Banyak hal dan perubahan baru dari semua jaringan Google termasuk launching Google+, sebuah jaringan social media yang memiliki banyak kesamaan (dan keunggulan) dengan Facebook. Technofriends bahkan mengabarkan bahwa penggantian nama Blogger dan Picasa ini akan dilakukan sekitar tanggal 31 July 2011. Wacana ini sama sekali belum dikonfirmasi oleh Google dan Google pun secara tegas menolak memberikan komentar.

Apa Efek bagi Pengguna Blogger?

Rumor yang juga berkembang dalam perubahan itu adalah penggantian nama domain blogpot.com. Jika dilogika, penggantian ini adalah hal yang tidak mungkin dilakukan pada blog-blog lama, namun akan sangat mungkin dilakukan pada blog baru setelah penggantian nama domain blogspot.com benar-benar dilakukan, jadi, saya tidak akan terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Dan memang selayaknya kita jangan terlalu mengkhawatirkannya sebelum ada informasi dan konfirmasi yang jelas dari pihak Google sendiri. Google memang telah memberikan informasi bahwa akan dilakukan perbaikan dan evaluasi besar-besaran pada Blogger, namun ini bukan berarti konfirmasi terhadap penggantian nama domain.

Satu hal yang menarik, dan agak aneh, adalah nama Blogger yang sudah sedemikian kuat melekat sebagai brand platform blog dengan user terbanyak di dunia ini tampaknya akan susah untuk segera dilupakan. Bahkan, saya kurang yakin nama baru Google Blogs akan mempunyai kekuatan yang lebih dibanding brand Blogger. Dan yang lebih lucu lagi nih, jika nanti benar demikian, saya harus mengganti semua kata Blogger di dalam posting-posting blog ini menjadi Google Blogs. Jadi, ketika harus membuat sebuah posting hack Cara Membuat Super Vertical CSS Menu Blogger/Blogspot, saya harus mengubahnya menjadi Cara Membuat Super Vertical CSS Menu Google Blogs!
 
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © budihaeruman.blogspot.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3